Gianyar Masih Simpan Ratusan Hotel dan PW Bodong

Gianyar (Bali Post) -Ketegasan Pemkab Gianyar dalam mengambil tindakan penyegelan terhadap Ubud Hanging Garden, Desa Buahan, Kecamatan Payangan, patut diacungi jempol. Karena kepastian legal formal dalam berinvestasi di Kabupaten Gianyar sangat perlu diterapkan. Hal ini untuk perbaikan citra Gianyar sebagai kabupaten pariwisata di Bali, khususnya keamanan dari para wisatawan yang datang dan menginap.

Berdasarkan data yang diperoleh, Minggu (13/3) kemarin, di tahun 2010, Gianyar masih menyimpan ratusan hotel, PW (pondok wisata) dan akomodasi pariwisata lainnya yang belum mengantongi izin alias bodong. Sedikitnya 97 hotel melati masih bodong, disusul 572 pondok wisata, 19 restoran, 57 bar/bar counter, dan sekitar 34 rekreasi dan hiburan umum lainnya yang belum mengantongi izin.

Terhadap keberadaan ratusan jasa akomodasi pariwisata tersebut yang kini menjadi pertanyaan, apakah pemkab juga akan melakukan penyegelan? Kepala Satpol PP Kabupaten Gianyar Wayan Kujus Parwita saat dihubungi terpisah tidak menampik terhadap masih adanya jasa akomodasi pariwisata di Gianyar yang belum mengantongi izin. Berdasarkan hasil pendataan akhir tahun lalu, semua jasa akomodasi pariwisata tersebut sudah dilayangkan surat peringatan untuk melakukan pengurusan izin.

Dari peringatan tersebut, lanjutnya, beberapa hotel dan PW serta usaha lainnya sudah melakukan penggusuran izin ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Gianyar. Seperti halnya, hotel melati yang belum mengantongi izin, setelah dilakukan pendataan dan diperingati di antaranya sudah ada yang mengurus izin.

Disebutkan, penyegelan yang dilakukan Pemkab bukan saja pada Ubud Hanging Garden. Sebuah restoran di Tegenungan juga sempat disegel karena kasus serupa. Pembangunan yang dilakukan tanpa dilengkapi dengan izin, karena jelas melanggar ketetuan sepadan sungai. Karena peringatan tidak dihiraukan, maka penyegelan pun dilakukan. ''Tidak menutup halnya dengan beberapa usaha di Gianyar yang saat ini belum mengantongi perizinan dari Pemkab,'' jelasnya. (kmb16)

Tags:

Sekretariat GmnI Denpasar

Bagi Kawan-Kawan Kader GmnI atau kalangan umum yang berkeingingan untuk menulis di Blog ini, bisa mengirimkan tulisan ke Email : gmni_denpasar@yahoo.co.id